Workshop P2KTD Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD)

.

BPSDM, Jakarta. Sejak tahun 2015, Dana Desa yang besarannya mencapai 20,67 Triliun, terus mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya. Hingga Tahun 2022 besaran totalnya berkisar di angka Rp. 468, 65 Triliun. Besaran anggaran yang masuk ke desa ini tentu bukan sekedar nominal semata, namun memiliki tujuan yang mulia, yaitu untuk mensejahterakan dan memandirikan warga desa melalui kewenangan yang diberikan kepada desa untuk mengelola kepentingan dan kebutuhan warga berdasarkan hak asal-usul, adat istiadat, dan nilai-nilai sosial budaya masyarakat desa.

.

“Melalui inisisasi dan komitmen melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), kita ingin memberikan dukungan penguatan bagi kelembagaan Desa, baik pemerintahan maupun warga masyarakat”, Tutur Luthfiyah Nurlaela selaku Kepala BPSDM PMDDTT. Harapannya, pembangunan di desa semakin berkualitas, semakin partisipatif, demokratis dan tepat sasaran. Sesuai dengan prioritas kebutuhan, esensi masalah, serta potensi dan karakteristik yang dimiliki masing-masing.

.

Peningkatkan efisiensi belanja di desa perlu adanya perencanaan dan pembangunan desa yang efektif dan efisien sesuai dengan potensi di desa. Kehadiran P2KTD sebagai jasa konsultan Profesional diharapkan dapat membantu desa untuk dapat mengembangkan potensi desa, sehingga pada gilirannya, desa akan memiliki daya tarik investasi jangka panjang, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

.

“Kedepan, P2KTD akan hadir sebagai aplikasi berbasis digital web yang dikembangkan melalui sistem marketplace. Disanalah nantinya akan menjadi tempat bertemu antara lembaga konsultan ahli (Jasa) Profesional dan desa secara elektronik, sehingga dapat memberikan banyak pilihan desa dalam melakukan perencanaan dalam pembangunan desa sesuai kebutuhan desa”, Pungkas Kepala BPSDM PMDDTT.