Kabupaten Kerinci merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi dengan keindahan alam yang menjadi destinasi wisata. Destinasi wisata di Kabupaten Kerinci meliputi Gunung Kerinci, Perkebunan Teh Kayu Aro, Taman Nasional Kerinci Seblat, Danau Kerinci, Rawa Bento, Air Terjun, Cagar Budaya, Lahar Dingin, Agrowisata Buah Jeruk Gergah, Agrowisata Sawah, Agrowisata Kerajinan Bambu, Terapi Kolam Ikan, Pantai Danau Kerinci, Air Panas Semurup dan masih banyak lagi. Destinasi wisata tersebut masih perlu dikembangkan agar dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitarnya. Namun, pemahaman masyarakat mengenai desa wisata masih perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat desa dalam mendukung pengembangan desa wisata maka perlu dilaksanakan pelatihan ini.


Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyaraat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Bengkulu telah melaksanakan Pelatihan Pembangunan Desa Wisata Angkatan VIII di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi pada tanggal 3-6 Oktober 2023 di Aula Kantor Bupati Kerinci, Provinsi Jambi. Pelatihan tersebut melibatkan 30 peserta dari 13 Desa di Kabupaten Kerinci meliputi Desa Air Terjun, Desa Baru Semerah, Desa Hiang Tinggi, Desa Jujun, Desa Koto Kapeh, Desa Koto Petai,  Desa Koto Tengah, Desa Koto Tuo, Desa Pentagen, Desa Pendung Talang Genting, Desa Sungai Rumpun, Desa Pasar Kerman, dan Desa Jernih Jaya. Penggerak Swadaya Masyarakat BPPMDDTT Bengkulu sebagai Pelatih pada pelatihan ini, menyampaikan bahwa untuk membangun desa wisata yang terintegrasi perlu melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Peserta pelatihan ini sangat antusias dengan materi yang disampaikan dengan harapan mereka dapat menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh di desa wisata masing-masing.


Penutupan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2023, di Aula Kantor Bupati Kerinci, Provinsi Jambi. Bapak Yofidinata, S.STP.,M.H., Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci menyampaikan dalam sambutannya bahwa Dinas Pariwisata siap mendukung desa wisata. Hal ini karena, ada sekitar 280 desa di Kabupaten Kerinci, dan masih sekitar 23 desa yang sudah menjadi desa wisata, sehingga diharapkan peserta pelatihan ini dapat membagikan pengetahuan yang diperoleh kepada masyarakat desa sekitarnya agar dapat bersama membangun desa wisata. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kerinci, Bapak Drs. Sahril Hayadi, M.Si., dalam arahannya memberikan pesan kepada peserta pelatihan bahwa untuk meningkatkan promosi desa wisata di Kabupaten Kerinci maka perlu dilakukan pengembangan usaha cinderamata dan oleh-oleh khas Kerinci, agar wisatawan yang berkunjung memiliki kenangan untuk dipromosikan kepada kerabatnya. Dadang Herawan Susanto,S.ST.,M.Si., selaku Kepala BPPMDDTT Bengkulu, menutup pelatihan Pembangunan Desa Wisata Angkatan VIII di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi secara resmi. Kepala Balai menyampaikan bahwa pelatihan di BPPMDDTT Bengkulu pada tahun 2023 ini ada dua tema yaitu Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dan Pelatihan Pembangunan Desa Wisata yang telah diselenggarakan di empat provinsi wilayah kerja balai yaitu Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jambi dan Provinsi Bangka Belitung. BPPMDDTT Bengkulu telah melaksanakan pelatihan ini dengan penuh semangat sesuai standar operasinal prosedur yang telah ditetapkan dengan harapan dapat memenuhi target sasaran pelatihan tahun 2023.