Kegiatan Pendampingan Alumni Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Angkatan II Tahun Anggaran 2022 di Kabupaten Bengkulu Utara telah dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2023 di Ruangan Rapat BUMDES Mitra Usaha, Desa Karang Suci, Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Pertemuan dihadiri oleh Kepala Desa Karang Suci, Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkulu Utara, Pendamping Lokal Desa Karang Suci, Direktur BUM Desa Mitra Usaha Desa Karang Suci, beserta alumni pelatihan. Alumni pelatihan yang ikut serta pada pendampingan ini berasal dari tujuh Desa dan lima Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

Penggerak Swadaya Masyarakat Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Bengkulu selaku Tim Pendampingan telah melaksanakan survei melalui kuesioner daring (online) dengan aplikasi google formulir. Hasil survei online tersebut ditindaklanjuti dengan identifikasi pendampingan secara langsung melalui diskusi, wawancara, pengamatan lapangan, dan skema saran perbaikan kepada peserta dari BUM Desa yang ikut serta.

BUM Desa Mitra Usaha, Desa Karang Suci, Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara sebagai lokasi pelaksanaan pendampingan, telah menjadi contoh yang baik dalam pengelolaan BUM Desa karena memiliki unit usaha yang dikelola dengan baik. BUM Desa lainnya yang ikut serta adalah BUM Desa Sumber Mulya Desa Giri Mulya, BUM Desa Tebo Rajo Jang Desa Batu Raja, BUM Desa Langgeng Jaya Desa Sidodadi, BUM Desa Koga Enam Tiga Mandiri Desa Rama Agung, BUM Desa Gema Agung Desa Sumber Agung, BUM Desa Jaya Mandiri Desa Marga Jaya.

Sebagian BUM Desa tersebut sudah berbadan hukum dan sebagian lagi belum berbadan hukum. Kendala yang dihadapi sangat beragam namun secara umum peserta pendampingan Alumni Pelatihan BUM Desa Angkatan II Tahun 2022 membutuhkan pendampingan perencanaan/pengembangan usaha, pemasaran produk dan laporan keuangan BUM Desa. Dengan pelaksanaan pendampingan alumni pelatihan ini diharapkan pengurus BUM Desa tersebut dapat mengelola unit usaha yang berkelanjutan.