Selasa, 5 Desember 2023


Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Denpasar berkesempatan dikunjungi oleh Staf Ahli Menteri Desa, PDTT Bidang Hubungan Antar Lembaga Bapak Samsul Widodo dan diterima dengan baik oleh Kepala Balai dan Tim.


Dalam kunjungan ini, beliau melakukan diskusi serta menyampaikan harapannya :

1. Bagaimana Balai Pelatihan Masyarakat ini bisa menjadi pusat pelatihan desa wisata di Indonesia

2. Kalau perlu bisa menjadi Balai Pelatihan desa Wisata dari negara-negara lain, mengingat Kemendesa mempunya kerjasama jaringan desa2 se Asia Tenggara ASEAN Village Network dan juga kerjasama Pembangunan Desa se Asia melalui Asian Productivity Organization.


Beliau menyampaikan pula bahwa Posisi Balai sangat strategis, mengingat ada di pusat pengembangan pariwisata di Indonesia. Selain itu Balai mempunyai fasilitas pembelajaran dan asrama sehingga sangat layak untuk mulai dibawa ke level tersebut.

Untuk memenuhi hal tersebut dapat di mulai dari mempersiapkan proposal gagasan yang dituangkan dalam tulisan dan selanjutnya dicarikan grand luar negeri yang bisa membantu untuk mewujudkan itu. Misalnya kita dapat koordinasi dengan APO dan UNWTO (United Nation World Tourism Organization) dalam menyediakan tenaga ahli yang expert, untuk mempersiapkan sistem dan materi pembalajaran.


UNWTO adalah badan PBB yang memiliki kewenangan dalam mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan dan universally accessible. Saat ini UNWTO memiliki 160 negara anggota, 6 associate members dan 2 observers (Vatikan dan Palestina).


UNWTO berupaya untuk mempromosikan pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi serta pembangunan inklusif dan kelestarian lingkungan, dan menawarkan kepemimpinan dan dukungan dalam memajukan pengetahuan dan kebijakan pariwisata di seluruh dunia.

Disamping itu kita juga bisa mengajukan dukungan dari APO (Asian Productivity Organization). APO merupakan organisasi peningkatan produktivitas yang beranggotakan 20 (dua puluh) negara di kawasan Asia Pasifik yang bersifat non-politis, non-ekonomi dan non-partisan. Serta masih banyak lembaga yang bisa kita jajaki untuk mendapatkan dukungan.