Humbang Hasundutan – bertempat di Aula Kantor Kecamatan Doloksanggul telah dilaksanakan Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) tanggal 23 s.d. 26 April 2024. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari 16 desa di Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara.

 

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan tanggal 23 April 2024, dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMDP2A) Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu Bapak Maradu Napitupulu, M.Si dan didampingi oleh Kepala BPPMDDTT Pekanbaru yaitu Bapak Hendrik H. Simatupang, S.Kom., M.M., M.Si. Pembukaan pelatihan dihadiri juga oleh Sekretaris Kecamatan Doloksanggul, Ibu Serepina Purba, S.E, Koordinator TPP Kabupaten Humbang Hasundutan, Bapak Jainal Togatorop, PSM Ahli Muda Dinas PMDP2A Kabupaten Humbang Hasundutan, Pendamping Desa dan Duta Digital Kementerian Desa PDTT.

 

Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari ini membahas mengenai Konsep Dasar BUM Desa, Pendaftaran Badan Hukum BUM Desa, dan Perencanaan Bisnis BUM Desa. Pada Perencanaan Bisnis BUM Desa meliputi materi Identifikasi Potensi Bisnis BUM Desa, Pemilihan Jenis Usaha, Model Bisnis Kanvas, Penyusunan Perencanaan Usaha, dan Penilaian Kelayakan Usaha BUM Desa. Output dari pelatihan ini adalah Pendaftaran Badan Hukum BUM Desa dan Perencanaan Usaha bagi BUM Desa yang baru direvitalisasi.

 

Peserta yang merupakan pelaksana operasional BUM Desa, belajar dan berdiskusi bersama dengan Tim Pelatih yang merupakan Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) BPPMDDTT Pekanbaru yaitu Bapak Japaruddin Nasution, S.T.P., M.M. dan Ibu Nadia Irina Darmawan, S.K.M. Turut serta memberikan materi yaitu Koordinator TPP Kabupaten Humbang Hasundutan dan PSM Ahli Muda Dinas PMDP2A Kabupaten Humbang Hasundutan.

 

Kegiatan pelatihan berjalan dengan sangat baik dan lancar. Penutupan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2024 oleh Sekretaris Kecamatan Doloksanggul, Ibu Serepina Purba, S.E. Turut hadir dalam penutupan pelatihan adalah PSM Ahli Muda Dinas PMDP2A, Ibu Venny Sibarani, S.Sos dan Koordinator TPP Kabupaten Humbang Hasundutan, Bapak Jainal Togatorop.