Bangka Tengah, 29 April 2024 - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Prof (HC). Dr (HC). Abdul Halim Iskandar. M.Pd menghadiri upacara adat Murok Jerami dan Panen Raya serta melakukan peresmian sarana prasarana desa yang diadakan di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara tersebut turut dihadiri oleh Pj Gubernur Bangka Belitung Dr. Safrizal ZA, Bupati Bangka Tengah, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di Lingkungan Kementerian Desa PDTT, Forkopimda Provinsi Bangka Belitung dan Bangka Tengah, Tenaga Pendamping Profesional dan Kepala Desa Namang.


Abdul Halim menyampaikan bahwa panen raya di Desa Namang ini menunjukkan Indonesia mampu berswasembada pangan melalui desa. lebih lanjut Menteri Desa menyatakan bahwa para petani dan rakyat sepenuhnya tinggal di desa apalagi wilayah subur juga berada di desa.


"Berbagai prestasi yang diperoleh Desa Namang ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak yang selama ini menguatkan posisi desa, khususnya dukungan pendanaan penting baik dana desa, alokasi dana desa, bagi hasil retribusi dan bantuan APBD Kabupaten/Kota" pungkasnya.


Lebih lanjut Menteri Desa PDTT juga menegaskan untuk tidak melupakan tujuan nomor 8 dari SDGs Desa, yaitu Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata sebagai tiang pancang dan panduan pembangunan desa untuk kesejahteraan warga. Terakhir, Abdul Halim Iskandar mengajak semua pihak untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berawal dari kedaulatan desa.