BPPMDDTT-Makassar, Kepala desa benteng gajah kecamatan Tompobulu kabupaten Maros, Ansar didampingi anggota BPD dan pengelola Bumdes melakukan kunjungan ke Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi BPPMDDTT-Makassar, dan diterima oleh Koordinator PSM Balai Makassar, Andi Rijal Kadir, didampingi Syarifa Harnasia. Di ruang tamu dan literasi Kantor BPPMDDTT Makassar hari Kamis tanggal 12 Januari 2923.

Dalam kunjungannya Ansar menyampaikan surat permohonan menjadi Desa dampingan BPPMDDTT Makassar, guna mengembangkan Bumdes dan parawisata desa benteng gajah. Ada beberapa potensi wisata yang sangat layak untuk dikembangkan antara lain Bulu saukan yang pemandangannya sangat bagus serta beberapa tradisi kearifan lokal yang sangat prospek untuk di eksplorasi selain itu juga memungkinkan dikembangkan untuk agrowisata karena terdapat hamparan lahan pertanian dengan pemandangan cocok sebagai spot foto, tinggal dilengkapi fasilitas terkait agar menjadi daya tarik dikunjungi wisatawan. Selain itu juga di harapkan pendampingan agar pasar desa pada Desa Benteng gajah dapat berkembang dengan baik.

Koordinator PSM Balai Makassar, Andi Rijal Kadir, menyarankan bahwa dalam pengembangan pariwisata maka seluruh pemangku kepentingan, bukan hanya pemerintahan desa, tapi termasuk pemerintah kecamatan dan kabupaten, serta seluruh stakeholder terkait, harus komitmen membantu pengembangan pariwisata dengan membuat perencanaan yang baik dan dilakukan secara berkelanjutan, yang tanggap terhadap minat wisatawan dan keterlibatan langsung dari masyarakat setempat dengan tetap menekankan upaya perlindungan dan pengelolaannya yang berorientasi jangka panjang. Upaya pengembangan dan pengelolaan sumber daya yang dilakukan harus diarahkan agar dapat memenuhi aspek ekonomi, sosial dan estetika. sekaligus dapat menjaga keutuhan dan atau kelestarian ekologi, keanekaragaman hayati, budaya serta sistem kehidupan. Jelas Andi Rijal.