Makassar, 8 Maret 2023 - Dalam rangka mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Desa Wisata, Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Makassar, menyelenggarakan penjajakan pelatihan BUMDes dan Pelatihan Desa Wisata.

Penjajakan tersebut dilakukan pada 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Luwu Timur untuk pelatihan BUMDes dan Kabupaten Bantaeng untuk Pelatihan Desa Wisata.

Penjajakan tersebut yang dilakukan selama 2 hari yaitu hari selasa, 7 maret sampai Rabu, 8 Maret 2023, Dalam penjajakan ditentukan desa-desa yang akan mengikuti pelatihan dan tempat pelaksanaan pelatihan serta hal teknis terkait pelaksanaan pelatihan. Penentuan peserta pelatihan dan tempat pelaksanaan pelatihan, merupakan hasil dari analisis antara Tim Penjajakan dari BPPMDDTT Makassar, Tenaga Profesional Pendamping Desa (TPPD) atau Tenaga Ahli dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa masing-masing Kabupaten. Selama pelaksanaan penjajakan Tim Penjajakan BPPMDDTT Makassar di di dampingi Tenaga Profesional Pendamping Desa (TPPD) atau Tenaga Ahli Kabupaten.


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan BUMDes dan Desa Wisata dalam mengelola usaha yang berbasis di desa. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan BUMDes dan Desa Wisata dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru serta memperbaiki kinerja dan efisiensi usaha yang ada.


Kepala BPPMDDTT Makassar, Andi Muhammed Urwah, mengatakan bahwa pelatihan ini akan diselenggarakan dalam beberapa tahap, yaitu tahap persiapan yaitu penjajakan yang dilaksanakan hari ini, kemudian tahap pelaksanaan, yang rencana minggu kedua di bulan Maret ini, dan tahap evaluasi akan dilakukan setelah pelatihan selesai dilaksanakan, dengan tujuan untuk mengevaluasi hasil dan dampak dari pelatihan yang telah dilakukan yaitu dengan melakukan evaluasi dari Rencana Kegiatan Tindak Lanjut yang masing-masing peserta hasilkan saat pelatihan, dari hasil evaluasi akan menjadi dasar untuk menyusun program pelatihan selanjutnya. Ucap Andi Muhammed Urwah.


Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, BUMDes dan Desa Wisata dapat semakin maju dan berdaya saing di bidang usaha yang berbasis di desa. Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Jelas Andi Muhammed Urwah.