Penggerak swadaya masyarakat (PSM) Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Makassar, kembali mengadakan Peningkatan kapasitas PSM melalu wadah Studi Club Balai (SCB) dengan topik Pendalaman materi sistem pengelolaan keuangan bumdes berdasarkan keputusan menteri desa nomor 136 tahun 2022 tentang pedoman penyusunan laporan keuangan BUMDes. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari PSM BPPMDDTT Makassar, pada hari kamis 30 Maret 2023 di ruang Tudang Sipilung BPPMDDTT Makassar.


Dalam kegiatan ini, para peserta diberikan penjelasan mendalam mengenai sistem pengelolaan keuangan BUMDes yang terbaru, berdasarkan keputusan menteri desa nomor 136 tahun 2022. Para peserta juga diajarkan bagaimana menyusun laporan keuangan BUMDes sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.


Narasumber pada studi club balai tersebut adalah Bapak Syarifuddin, yang juga merupakan salah satu PSM ahli Madya pada BPPMDDTT Makassar yang menguasai pengelolaan keuangan atau akuntansi yang juga sebagai inisiator dan pengembang Aplikasi Akuntansi BUMDes.

Syarifuddin menjelaskan mengenai sistem pengelolaan keuangan BUMDes yang baik dan benar sesuai dengan keputusan Menteri Desa DTT Nomor 136 Tahun 2022. Ia juga memberikan contoh-contoh kasus yang sering terjadi di BUMDes dan bagaimana cara mengatasinya.


"Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengelola BUMDes dalam mengelola keuangan desa dengan baik dan benar. Sehingga, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pembangunan dan pemberdayaan ekonomi yang berkelanjutan," ujar Syarifuddin.


Menurut Koordinator PSM BPPMDDTT Makassar, Andi Rijal Kadir, menyampaikan bahwa salah satu masalah yang dialami BUMDes adalah pengelolaan keuangan, menindak lanjuti hal tersebut maka kami mengadakan SCB balai ini dengan topik akuntansi BUMDes. kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para PSM dalam mengelola keuangan BUMDes secara efektif dan efisien. "Dengan adanya pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai sistem pengelolaan keuangan BUMDes, diharapkan para PSM dapat memberi materi dan pendampingan pengelolaan keuangan atau akuntansi BUMDes dengan lebih baik dan transparan," ujar Ketua PSM BPPMDDTT Makassar.


Kegiatan studi club balai ini merupakan salah satu upaya dari PSM BPPMDDTT Makassar untuk meningkatkan kapasitas PSM yang selanjutnya dapat diimplementasikan pada saat melakukan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan pengelolaan BUMDes di lapangan. Dalam kegiatan ini, para PSM juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi diantara para PSM. Jelas Andi Rijal Kadir.


Sementara Kasubag TU, Mewakili Kepala BPPMDDTT Makassar, Andi Syarif Hidayatullah, menyampaikan bahwa kegiatan SCB ini sangat baik dan sangat di perlukan bagi teman-teman PSM untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan anggota PSM agar selalu up date, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, guna memberi penyuluhan, pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat desa untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.


Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi para PSM dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka terkait pengelolaan keuangan atau akuntansi BUMDes. Selain itu, diharapkan juga dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan BUMDes khususnya di wilayah Sulawesi. Jelas Andi Syarif Hidayatullah.