Balai Pelatihan, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Makassar kembali menggelar pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat desa dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan mengembangkan potensi Desa Wisata (Deswita). Pelatihan tersebut akan dilaksanakan pada 5 lokasi yang berbeda dengan total 5 angkatan pelatihan.

 

Kegiatan pelatihan dibuka pada Hari Senin tanggal 15 Mei 2023 dan akan dilaksanakan selama 4 hari hingga tanggal 18 Mei 2023. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan dalam mengelola BUMDes dan membangun Desa Wisata yang berkelanjutan.

 

Kegiatan pelatihan BUMDes akan dilaksanakan di Kabupaten Bone dengan total 2 angkatan pelatihan yang diikuti oleh peserta sebanyak 60 orang atau 30 orang setiap angkatan yang berasal dari desa-desa di Kabupaten Bone, Pelatihan ini akan memberikan pemahaman kepada peserta mengenai pentingnya membangun BUMDes sebagai sarana pengembangan ekonomi lokal di desa dan manajemen BUMDes serta strategi dalam mengelola keuangan dan aset BUMDes.

 

Sementara itu, pelatihan Deswita akan dilaksanakan di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Sinjai, dan Kabupaten Soppeng yang memiliki potensi obyek wisata yang cukup besar. Pelatihan ini akan diikuti oleh 3 angkatan, yang terdiri dari 30 peserta per angkatan pelatihan yang berasal dari masyarakat desa yang memiliki potensi obyek wisata yang menarik pada masing-masing kabupaten tersebut. Peserta pelatihan akan mempelajari tentang bagaimana mengembangkan potensi Desa Wisata dengan cara yang berkelanjutan dan ramah lingkungan serta bagaiamana manajemen parawisata.

 

Kepala BPPMDDTT Makassar, Andi Muhammad Urwah, yang membuka langsung Pelatihan Desa Wisata di Kabupaten Sinjai, dalam sambutannya menyampaiakan bahwa pelatihan ini diadakan karena masih banyak desa yang memiliki potensi obyek wisata belum maksimal mengembangkan potensi desa tersebut menjadi objek wisata yang menarik. "Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, masyarakat desa dapat memanfaatkan potensi yang ada di desa mereka dengan lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan mereka," kata Jelas Andi Muhammad Urwah.

Lebih lanjut, Andi Muhammad Urwah menyampaikan bahwa pada hari ini, selain pelatihan yang diselenggarakan di tempat ini, pelatihan Desa Wisata juga dilaksanakan di Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Wakatobi, serta pelatihan BUMDes 2 angkatan di Kabupaten Bone yang diperuntukkan bagi pengelola BUMDes yang memerlukan pengetahuan tentang cara mengelola BUMDes. Andi Muhammad Urwah berharap agar semua peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan bersungguh-sungguh. Dengan mengikuti pelatihan dengan baik, peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk untuk mengembangkan potensi wisata secara efektif dan efisien. Hal ini akan membantu masyarakat desa dalam membangun ekonomi dan kesejahteraan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, Andi Muhammad Urwah mengimbau agar semua peserta memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dan menyerap semua informasi yang diberikan oleh para fasilitator pelatihan.