Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Makassar meraih Penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) atas capaian kinerja pelaksanaan dan pelaporan anggaran satuan kerja lingkup KPPN Makassar I pada Semester I 2023. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Bapak Tiyok Subekti, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Makassar 1, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan.


Acara penyerahan penghargaan dilaksanakan di ruang rapat IPDN Kampus Sulawesi Selatan, pada Hari Kami tanggal 16 November 2023, menandai keberhasilan BPPMDDTT Makassar dalam mencapai standar kualitas tinggi dalam pelaksanaan anggaran pada tahun ini.Penghargaan serupa BPPMDDTT Makassar peroleh pada pelaksanaan agnggaran semester 2 Tahun 2022.


Dalam sambutannya, Bapak Tiyok Subekti menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Direktur IPDN Kampus Sulawesi Selatan atas kerjasama yang baik dalam penyelenggaraan acara ini karena  penyerahan penghargaan IKPA pertama kali dilaksanakan di luar kantor pelayanan perbendaharaan negara Makassar 1 yaitu di Kampus IPDN Selawesi Selatan.


Penghargaan  ini diperoleh berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2022, yang menjadikan IKPA sebagai tolok ukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja. IKPA tidak hanya menilai dari segi penyerapan anggaran, tetapi juga berbasis kinerja dengan tiga unsur utama: indikator kinerja, standar biaya (umum, masukan), dan mekanisme evaluasi pengukuran.


Kementerian Keuangan, mengukur efisiensi pelaksanaan anggaran dengan ketat, memanfaatkan IKPA dengan tiga indikator utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penyerapan. "IKPA menjadi kunci penting dalam menilai kualitas implementasi perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, dan hasil pelaksanaan anggaran. Ini tidak hanya tentang angka, tetapi juga tentang dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi kita," tambah Bapak Tiyok Subekti.


Kepala BPPMDDTT Makassar Andi Muhaam Urwah menyatakan rasa syukur atas prestasi ini, menyebutkan bahwa Penghargaan ini memberikan semangat baru seluruh tim BPPMDDTT Makassar untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kontribusi positif terhadap pembangunan Desa, daerah tertinggal dan transmigrasi Dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi. Selain itu Penghargaan ini sangat penting karena anggaran kita berbicara tentang hasil yang dikelola secara efisien, dan dapat dilihat pada Dipa yang kita miliki, menegaskan bahwa BPPMDDTT Makassar berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi melalui pelatihan, pendampingan dan penyuluhan dengan pengelolaan anggaran yang efesien dan berkualitas. Jelas Andi Muhammad Urwah