Jakarta 26022024 |, Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan dan (DJ PSKL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dipimpin oleh Direktur Kemitraan Lingkungan, Ibu Kumala Dewi melakukan kunjungan ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPSDM PMDDTT), yang diterima oleh Bapak Asnawi Sabil selaku Sekretaris BPSDM PMDDTT. 

Kunjungan tersebut membahas rencana kolaborasi antara BPSDM dengan Dit Kemitraan Lingkungan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden No. 28 Tahun 2023 tentang  Perencanaan Terpadu Percepatan Pengelolaan Perhutanan Sosial. Pada pertemuan tersebut telah dibicarakan rencana kolaborasi pengelolaan perhutanan sosial dengan melibatkan peran Pendamping Desa sebanyak 500 orang yang berada di wilayah Perhutanan Sosial. Rencana nya lokasi dampingan ini berada di wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Pendampingan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Ditjen PSKL KLHK dan BPSDM Kemendesa PDTT. Diharapkan dari bentuk kolaborasi ini akan dapat sinergikan : 1) pengelolaan Kawasan Perhutanan Sosial, 2) Pengelolaan Kelembagaan Perhutanan Sosial, dan 3) Pengelolaan Usaha Perhutanan Sosial.

Pada pertemuan ini juga dihadiri unsur dari Sekretariat BPSDM, KAbag Umum dan Rumah Tangga Sekretariat BPSDM, Pusat PPMD, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Pusat. Sedangkan dari Ditjen PSKL dihadiri juga dari unsur Subdirektorat Pengembangan Pendampingan Perhutanan Sosial, perwakilan Balai Perhutanan Sosial;