Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Ambon telah melaksanakan kegiatan Penjajakan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Partisipatif di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Penjajakan tersebut merupakan persiapan pelatihan meliputi koordinasi bersama stakeholder, sosialisasi kegiatan, dan juga perekrutan calon peserta pelatihan.


Calon peserta pelatihan yang direkrut merupakan alumni pelatihan KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) sesuai lokus sasaran. Adapun jika kuota alumni tidak memenuhi, maka dapat ditambah dengan perangkat desa, pendamping desa, maupun unsur lainnya yang terlibat dalam kegiatan perencanaan pembangunan di desa.


Pelaksanaan pelatihan rencananya akan diselenggarakan di Kantor Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Ambon (BPPMDDTT Ambon). Hasil penjajakan diperoleh 4 desa yang akan dilibatkan sebagai lokus peserta pelatihan, yaitu Negeri Waepirit, Negeri Hatusua, Negeri Kamarian, dan Negeri Uraur.