Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Ambon melaksanakan Penjajakan Pelatihan Kemaritiman Angkatan III di Kecamatan Ambalau, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku. Pelatihan kemaritiman sendiri merupakan Rencana Aksi Nasional yang diamanatkan untuk dilaksanakan oleh Kementerian Desa PDTT melalui BPPMDDTT Ambon, dan menjadi kekhususan pelatihan BPPMDDTT Ambon.


Penjajakan kemaritiman ini menghasilkan beberapa data sekunder diantaranya adalah rekomendasi tematik pelatihan yaitu bidang penangkapan ikan. Harapannya saat pelatihan nanti para nelayan akan mendapatkan peningkatan kapasitas terkait pengelolaan sumber daya maritim di desa.


Petugas penjajakan telah merekrut sebanyak 7 (tujuh) desa yang ada di Kecamatan Ambalau. Adapun pelaksanaan kegiatan pelatihan akan dilaksanakan selesai Idul Fitri tahun 2024.


Penjajakan sendiri merupakan kegiatan pra-pelatihan guna mengkoordinasikan program kegiatan, melakukan rekrutmen peserta, serta menemukenali potensi dan permasalahan dilapangan sehingga tersusun rekomendasi untuk memperlancar program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan.